Jumat, 04 Mei 2012

Pesona Seni Negeri Kincir Angin Belanda

Tahukah kamu? Meskipun negeri ini luas wilayahnya relatif kecil dan sempit, tetapi mereka memiliki SDM yang begitu kreatif. Masyarakatnya dikenal rajin, mempunyai semangat dan keuletan yang tinggi. Contoh, pernahkah terpikirkan olehmu "Kok bisa hanya dengan membudidayakan bunga tulip, mereka bisa menjadikannya sebagai komoditi ekspor yang menjanjikan? Padahal bunga tulip hanyalah bunga liar dari pegunungan".

Atau keberhasilan mereka mengatasi masalah wilayahnya yang sebagian tanahnya berada di bawah permukaan air laut dengan menggunakan kincir angin. Keberhasilan mereka membuat Belanda semakin terkenal di kancah internasional dengan berbagai sebutan kesuksesannya. Seperti negeri kincir angin, negeri tulip, negeri keju, dan lain-lain.

Bunga Tulip di Belanda
Kincir Angin Belanda


Bahkan di dunia seni, Belanda juga tetap mengibarkan benderanya. Karya seni Belanda termasuk yang diminati oleh kalangan pecinta seni dunia, utamanya Perancis. Beberapa waktu lalu Perancis sempat kewalahan ketika karya seni Belanda membanjiri negeri fashion tersebut. Seharinya ada 4000 pecinta seni yang terus mendatangi museum-museum Perancis untuk melihat karya seni Belanda, bahkan saking banyaknya pengunjung, Perancis harus rela membuka museumnya hingga malam hari.

Karya seni Belanda memang sudah mulai terkenal di dunia mulai abad ke-17. Pada abad itu karya seni Belanda, terutama seni lukis, berada pada masa kejayaannya sehingga disebut 'Abad Keemasan Seni Lukis'. Saat itu hadir seniman Belanda bernama Rembrandt Van Rijn dengan ciri khas teknik lukisnya yaitu teknik pencahayaan, detail lukisan, dan pewarnaannya yang sangat indah. Banyak bangsawan-bangsawan Belanda yang ingin dilukis oleh Rembrandt, sehingga ia disebut 'The Most Wanted Painter' di Eropa. Kepopuleran Rembrandt ini membuat Belanda dikenal sebagai pusat seni Eropa.

Self potrait by Rembrandt
The Storm on the sea of Galilee by Rembrandt


Seniman Belanda generasi selanjutnya yang terkenal di dunia adalah Vincent Van Gogh, seorang seniman lukis beraliran ekspresionisme. Lukisan-lukisannya menarik, bagus dan sangat mahal. Lukisannya yang berjudul 'Cafe Terrace at Night' menempati urutan ke-enam sebagai lukisan paling terkenal di dunia. Bahkan lukisan lainnya yang berjudul 'Starry Night' berhasil menempati posisi ke-dua!

Vincent Van Gogh


Cafe Terrace at Night

Starry Night




Perkembangan karya seni Belandapun terus berkembang hingga saat ini. Tidak hanya indah, unik, dan menarik, tapi juga canggih!

Adalah Peter Westerlink, seorang seniman kreatif Belanda masa kini yang menciptakan seni 3D jalanan, yaitu seni lukis tiga dimensi yang bisa dilukis dimana saja, bahkan di jalan beraspal sekalipun! Lukisan 'Terracota De Army' adalah salah satu karyanya yang dibuat di Florida dan meramaikan Sarasota Chalk Festival yang tengah digelar waktu itu. Dan karyanya itu mendapat penghargaan dari Guinness World Record.

Terracota De Army


Karya seni Belanda lainnya yang begitu canggih adalah pembuatan awan dalam ruangan tertutup oleh Berndnaut Smildeas yang diperkenalkan awal tahun 2012. Merupakan kombinasi dari mesin uap, kelembaban suhu ruangan, dan pencahayaan dramatis membuat si 'Nimbus II 2012' ini benar-benar seperti awan sungguhan!




Terobosan membuat awan dalam ruangan ini, membuat seniman Belanda lainnya terus terpacu untuk menciptakan karya seni lainnya yang tidak hanya indah, tapi juga canggih. Seperti rencana seorang seniman ini yang akan memadukan karya seni dengan desain penggunaan Energi terbaru Belanda untuk membuat patung es di gurun Sahara!




Sungguh negeri kecil dengan pesona kreativitas tiada habis, Belanda :)





Referensi :



15 komentar:

  1. amaziiing,
    bagus banget buat nambah wawasan dan inspirasi. mengambil contoh kesuksesan dari negara lain,,

    BalasHapus
  2. wuih...masih kecil dan kpkran wat bikin reperensi yang memberikan inspirasi ke semua anak2 bangsa...2 jempol.

    BalasHapus
  3. tulisan yg bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai dunia luar.. keep it up. klo perlu tambah negara2 lainnya jg yah :)

    BalasHapus
  4. Keren put,bermanfaat banget, tetap brbagi ilmu :)

    BalasHapus
  5. bagus. dan menarik bermanfaat sebagai penambah wawasan, teruskan berkarya...

    BalasHapus
  6. seperti tema blognya dan berhasil membagikan tulisan bermanfaat ke pelosok indonesia sekalipun (yang rumahnya di pelosok itu hanya juragan)

    menarik ni,...jangan bosen ya untuk berkarya karena rasa bosen itu bahaya bila melanda pikiran kita

    BalasHapus
  7. hehee makasih yaa semuanya :D
    iya pasti, diusahain ga bosen pastinyaa :D

    terus berkunjung ke blog ini dan nantikan postingan-postingan selanjutnya yaaa :D

    BalasHapus
  8. Nice post, keep writing yaaa.

    BalasHapus
  9. oke, pastinyaaa :D
    terimakasiii :D

    BalasHapus
  10. woow...amazing...keren!!!,pasti bermanfaat banget...mudah2an Indonesia bs mencontohnya dari blog ini yea...sehingga punya banyak ciri khas yg bs di tonjolkan ke negara luar..jangan terkenal karena Bali nya aja...sip..lanjutkan ekspresimu..

    BalasHapus
  11. terus berkarya dan tetap semangat

    BalasHapus

Sharing is caring :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...