Minggu, 06 Mei 2012

Menyihir Dunia lewat Bunga Tulip

Ajaib dan menakjubkan! Mungkin itulah kata-kata yang bisa mewakili Belanda sebagai negeri Tulip. Bagaimana tidak ajaib, wilayah Belanda yang berada di bawah permukaan laut bisa membudidayakan tulip dengan sempurna, padahal di daerah asalnya yaitu Turki, bunga tulip hanya tumbuh di daerah pegunungan. Dan yang menakjubkan adalah hanya dengan berbekal bunga tulip, Belanda menjadi pengekspor terbesar ke-3 di dunia! Luar biasa!



Berawal dari penelitian oleh seorang peneliti botani dari Universitas Leiden bernama Carolus Clusius pada abad ke-16. Ia berhasil membuat bunga tulip tumbuh berkembang dengan baik di daerah yang berada di bawah permukaan laut itu. Bahkan ia juga berhasil melakukan rekayasa yang menghasilkan tulip dengan berbagai variasi warna yang cantik.

Carolus Clusius


Pada abad ke-17 keindahan bunga tulip semakin ramai dibicarakan seluruh negeri. Pecinta tulip mengumpulkan dan bereksperimen memilih tulip dan memunculkan jenis baru. Apalagi setelah tumbuh jenis tulip langka akibat virus mozaik membuat orang bersaing untuk mendapatkannya. Harga tulip menjadi sangat mahal. Bahkan ada beberapa jenisnya yang seharga dengan rumah.

Tahun 1635, satu set bunga tulip berisi 40 tangkai dihargai hingga 10000 florin, melebihi jumlah gaji kalangan menengah yang hanya 150 florin. Seakan saat itu dunia tengah dilanda demam tulip, tahun 1636 bunga tulip menembus bursa saham dan merupakan tujuan investasi yang paling diminati. Banyak yang rela menjual rumah, tanah, dan harta mereka hanya untuk berinvestasi dengan bunga ini.


Seiring berjalannya waktu, peneliti Belanda terus berinovasi guna mempertahankan gelar mereka sebagai negeri tulip dan surga bunga dunia. Mereka semakin menguasai efesiensi lahan yang cocok dan sistem pengairan tepat untuk bunga tulip mereka, juga mengatasi masalah emisi karbon pada rumah kaca bunga tulip yang disebut berpotensi tidak ramah lingkungan, dengan membuat rumah kaca baru yang mampu menyimpan panas pada saat musim panas untuk digunakan pada musim dingin. Caranya dengan mengubah panas menjadi listrik.

Maka dari itu, peminat bunga tulip Belanda hingga kini masih sangat banyak. Bunga tulip juga akhirnya menjadi tulang punggung ekonomi Belanda, yang bisa meraup devisa lebih dari US $2,4 milyar dari ekspor langsung, dan mencapai US $13 hingga US $20 jika ditambah dengan sistem lelang. Setiap tahunnya sejumlah uang bernilai lebih dari 4 milyar euro atau sekitar 54,3 trilyun rupiah terus berputar di Belanda hanya dengan bisnis bunga tulip ini!

Belanda semakin dijuluki sebagai pangsa pasar tanaman dunia lewat festival bunga yang mereka adakan tiap tahun. Bunga tulip bermekaran mulai dari bulan Maret-Agustus. Dan tahun 2011 lalu merupakan panen raya bunga tulip yang spektakuler!





Puluhan ribu wisatawan berbondong-bondong ke Belanda untuk melihat festival bunga-bunga yang cantik ini.











Referensi :



12 komentar:

  1. sangat menarik dan inspiratip moga menggugah bangsa kita...

    BalasHapus
  2. Nah, ini dia! Bagian menarik dari Holland. Lebih spesisfik di banding yang kemarin. Terus semangat menuangkan ide-ide baru

    BalasHapus
  3. ck.ck..ck..fotonya lucu2 ..kapan yaa indonesia bisa kaya gitu..padahal negara kita negara tropis katanya...menarik banget tulisannya...terus bikin tulisan yg lebih menarik lg say... :)

    BalasHapus
  4. klo ditanam di indonesia bisa idup gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada yg ga mungkin :D apalagi teknologi semakin berkembang pesat dan menakjubkan, ditambah banyak anak muda yang semakin kreatif menciptakan sesuatu yang baru dan spekta. Mudah-mudahan ada yang mencoba tanam di Indonesia dan berhasil hehe :D

      Hapus
  5. Awal mula ditemukan bunga tulip itu di Belanda ya? kalo q baca di wiki tumbuh liar di kawasan Asia Tengah/Barat kayak Turki gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bukan. Kalau ga salah baca, bunga tulip itu awal mula memang ditemukan di kawasan asia, hanya saja bunga tulip di daerah tersebut tidak berkembang pesat layaknya yang ada di Belanda seperti sekarang ini.
      Mungkin memang pintarnya orang Belanda ngebuat bunga tulip yang tumbuh liar di kawasan asia jadi bunga tulip cantik-cantik tuh di Belanda.
      :))

      Hapus

Sharing is caring :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...