Minggu, 08 Desember 2013

Lapangan Sempur: Tempat Berkumpul Masyarakat Bogor di Minggu Pagi

Car Free Day - Jalan Jalak Harupat - Lapangan Sempur

Aktivitas padat di hari Senin hingga Sabtu tentu membuat kita lelah dan jenuh. Istirahat dan hiburan menjadi poin penting yang dibutuhkan semua orang untuk mengembalikan stamina serta kesegaran tubuh. Jika kebanyakan orang lebih memilih bermalas-malasan di hari Minggu untuk menyegarkan tubuh, tapi tidak bagi mayoritas masyarakat Kota Bogor.

Lapangan Sempur, menjadi salah satu destinasi penting masyarakat Kota Bogor, khususnya di Minggu pagi. Dengan memakai baju training, sepatu, dan peralatan olahraga, sepeda (jika perlu) mereka berbondong-bondong memenuhi lapangan Sempur dari mulai pukul 5 pagi. Ternyata, mereka bermaksud turut serta dalam program kegiatan pemerintah setempat, yakni Car Free Day.

Car Free Day diadakan di Jalan Jalak Harupat, Kota Bogor, Jawa Barat. Jalanan ini sepi dari kendaraan roda dua maupun empat hingga pukul 9 di Minggu pagi. Dikelilingi oleh pohon-pohon yang masih rindang, dan terlihat pemandangan gunung yang sangat indah, membuat banyak orang ramai berdatangan menikmati moment tersebut bersama keluarga atau teman terdekat.




Masyarat Bogor beramai-ramai pergi
ke Sempur (Jalan Jalak Harupat)

"Seneng banget ada Car Free Day setiap Minggu pagi di sini. Bisa ngerasain sejuknya jalanan ini, karena biasanya kan banyak kendaraan bermotor. Polusi. Nah, cuma Minggu pagi banyak orang berdatangan ke sini untuk berolahraga atau sekedar menikmati sensasi berkumpul dengan masyarakat Bogor. Jalanan sepi, kapan lagi bisa main bola di tengah jalan raya? Hehe", ujar Eka, mahasiswi Akuntansi Diploma IPB.


Wall Climbing dan kereta anak

Di jalan Jalak Harupat inilah terdapat lapangan Sempur yang cukup luas untuk sarana berolahraga masyarakat Bogor. Ada yang senam, main badminton, voli, atau sekedar jogging mengelilingi area lapangan. ada pula perkumpulan/komunitas, seperti komunitas skateboard misalnya. Tiap Minggu mereka mempertontonkan keahliannya. Tidak hanya itu, bagi Anda yang membawa anak, terdapat arena bermain anak hingga kereta kecil untuk hiburan mereka. Bahkan, bagi Anda yang ingin mencoba tantangan wall climbing. di lapangan Sempur ini juga ada lho.



Bersepeda ria bersama teman

Komunitas Sepeda

Lapangan Sempur semakin meriah di Minggu pagi karena selain banyak yang berolahraga, juga terdapat puluhan pedagang di sekeliling lapangan tersebut. Bak pasar murah dadakan, jalanan semakin sempit dan padat dengan aktivitas jual beli yang menyenangkan. Hampir semua jenis dagangan ada di sini. Dari mulai makanan, minuman, pakaian, sandal, sepatu, jilbab, peralatan masak, buku-buku, dompet, tempat handphone, tas, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pula  ronggeng monyet yang selalu digemari anak-anak. Meski harus berdesakan, tapi tampak mereka tidak ada yang mengeluh dengan keberadaan pedagang tersebut, justru mereka sangat antusias dan terlihat senang. Keberadaan pedagang tersebut sudah jadi icon Car Free Day, jika tidak ada maka sensasinya akan hilang.


Ronggeng Monyet - Tontonan hiburan seru

1. Pedagang Kesetan 2. Pedagang Suling dan alat
 musik tradisional 3. Pedagang Barang Kerajinan
 4. Pemain Kecapi dan nyinden



Wacana Penertiban Pedagang Sempur

Tahun lalu (Mei 2012) sempat ada penertiban pedagang kaki lima di area Car Free Day, tapi tentu saja menuai banyak protes. "Ada yang kurang kalau ga ada pedagang-pedagang tersebut. Sensasinya ada yang hilang", ungkap Eka. Lapangan Sempur tidak seramai biasanya ketika penertiban dilakukan, masyarakat Kota Bogor tidak antusias lagi untuk olahraga bersama saat Car Free Day. Penertiban PKL ini disebut-sebut karena takut mengganggu orang-orang yang ingin berolahraga. Apa benar? Tetapi ketika pedagang tersebut kembali diperbolehkan untuk berjualan, lapangan dan jalan Jalak Harupat di Minggu pagi padat kembali.


Bisnis dan Kreativitas

Barang dagangan Pak Agus. Ada celengan, sandal,
box, gantungan kunci, dsb.
Lapangan Sempur memang tidak hanya dijadikan sarana berolahraga semata. Kuliner, kumpul komunitas, bisa dilakukan di sini. Tidak sedikit pula orang memanfaatkan situasi ramainya Sempur sebagai ajang pertujukan kreativitas dan bisnis. Contoh kecil misalnya, Bapak Agus beserta istrinya yang memiliki hobi membuat kerajinan dari bahan sederhana ataupun barang bekas. Sejak 2 bulan yang lalu, mereka mencoba menjajakan hasil kreativitasnya di tengah jalanan bersama kerumunan pedagang lainnya. Kerajinan tangannya yang unik dan lucu banyak menarik perhatian orang yang lalu lalang di sekitarnya. "Biasanya sih cuma di simpan di rumah aja. Tapi semenjak 2 bulan ini ikut menjajakan hasil kreativitas di sini. Lumayan, banyak yang suka. Bahkan banyak yang minta kursus, hehe", begitu pengakuannya. Sembari melihat barang-barang buatannya, bapak Agus juga tidak sungkan untuk terus memberikan penjelasan cara membuatnya. "Lihat ini celengan bisa dibuat dari kaleng susu bekas. Terus untuk memperindah kalengnya, dilapisi kain flannel. Ngehiasnya sesuka kita. Sekreatif mungkin. Sandal juga, cukup beli sandal murah di pasar, terus kita hias pakai kain flannel. Jadilan sandal lucu. Semuanya dari bahan sederhana.

Bisnis yang dijalani pak Agus di luar pekerjaannya itu datang dari ide sang istri. Berawal dari hobi, lalu jadi bisnis. Seru sekali, dan menguntungkan! Beliau berharap, bisa diikutsertakan pada pameran-pameran seni. Pak Agus tidak segan dan sangat terbuka sekali bagi siapa pun yang ingin belajar cara membuatnya, bisa langsung datang ke rumahnya yang terletak di Bantar Jati. Dan tentunya Pak Agus akan selalu ada di lapangan Sempur tiap Minggu pagi untuk menjajakan jualannya.


Olahraga plus Wisata

Selain ajang bisnis dan kreativitas, kuliner, ataupun olahraga, Anda juga bisa sedikit berwisata. Karena lokasi Car Free Day dekat sekali dengan Istana/Kebun Raya Bogor. Anda bisa mengajarkan secara dini mengenai sejarah Istana Bogor kepada anak/keluarga kecil Anda. Atau mungkin bisa juga mencoba memberi makan Rusa yang mendekati pagar pembatas antara Istana dengan jalan raya.


Istana Bogor di pagi hari




Lapangan Sempur memang selalu ramai di Minggu pagi. Hampir semua masyarakat Kota Bogor mengisi Minggu pagi mereka dengan berjalan-jalan atau olahraga ke Sempur bersama keluarga. Bisa dibilang, lapangan Sempur di Minggu Pagi menjadi ajang temu antara masyarakat Bogor dari berbagai kalangan. Masih bermalas-malasan di hari Minggu? Ayok coba ke Sempur :)


2 komentar:

  1. Tambahin efek disetiap gambar biar lebih keren, visit back :
    http://www.arifwidiyatmiko.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Okee terima kasih sarannya :D
    makasih sdh visit, minta follownya juga yaa hehe, trims :)

    BalasHapus

Sharing is caring :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...